Senin, 16 Februari 2015

Serunya Bertualang di Little Grand Canyon Ala Bogor di Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet

Siapa bilang Grand Canyon hanya bisa Anda nikmati di Amerika? Anda juga dapat menikmati keindahan Grand Canyon ala Amerika di Indonesia dengan ukuran yang lebih kecil. Objek wisata tersebut dapat Anda nikmati di Kota Bogor. Tempat wisata di Bogor tersebut bernama Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet.

Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet adalah bagian hulu dari Curug Barong yang masih “perawan” di Bogor. Karenanya, jika Anda mengunjungi Curug Barong, jangan lupa juga mampir ke dua tempat wisata di Bogor yang juga terkenal akan nuansa alaminya.

Untuk bisa sampai dikawasan ini memang membutuhkan waktu serta perjalanan yang tidak mudah. Namun, keindahan alam dari tempat tersebut membuat Anda tidak akan merasa sia-sia. Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari Cibinong. Namun, belum termasuk perjalanan dari tempat parkir hingga trekking menyusuri jalan setapak menuju tempat tersebut. terlebih lagi dengan kondisi jalan yang masih rusak.

Kedua tempat wisata ini tidak seperti Curug Bangkong yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Kedua objek wisata ini masih belum dikelola, sehingga tidak dikenakan tiket masuk. Namun, jika melalui Leuwi Hejo, maka Anda harus membayar sebesar 10 ribu Rupiah per orang. Dan jika menggunakan jasa pemandu, maka dikenakan biaya sebesar 100 ribu Rupiah per kelompok.
Namun jika Anda merasa mengetahui tentang rute perjalanan menuju objek wisata tersebut. Maka jasa pemandu tentu saja tidak dibutuhkan. Perjalanan hingga mencapai Little Grand Canyon tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari tempat tempat parkir. Anda harus berhati-hati dalam melangkah. Karena jalanan akan semakin licin saat musim hujan.

Begitu sampai di Leuwi Cipet, Anda akan melihat keindahan sempurna dari objek wisata ini. Kanan kiri tebing yang ditumbuhi hijaunya dedaunan yang rimbun. Hingga aliran sungai yang mengalir dari dinding tebing yang terbentuk sempurna.

Jika Anda yang tidak bisa berenang, makan sebaiknya menyusurinya melalui pinggiran leuwinya saja. Hal ini karena kedalaman leuwinya cukup dalam bahkan mencapai kepala orang dewasa. Tentunya menawarkan ketegangan tersendiri bagi Anda yang menyusurinya.

Jika perjalanan dilanjutkan, Anda akan kembali menemukan keindahan alam yang tersembunyi yaitu Leuwi Liyet. Leuwi ini letaknya cukup tersembunyi. Yaitu berada di antara tebing-tebing. Warna air di leuwi ini sangat hijau. Hal ini menandakan bahwa tempat wisata di Bogor ini memiliki kedalaman yang cukup dalam. Jadi Anda yang tidak bisa berenang, jangan coba-coba untuk bermain ke tengah leuwi. Namun, jika Anda ingin meningkatkan adrenalin Anda, cobalah dengan melompat dari pinggiran tebing ke dalam air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar